KEBUTUHAN ALAT PELINDUNG DIRI

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo mengatakan, pihaknya berharap ketersediaan alat pelindung diri ( APD) tetap terjaga selama masa pandemi Covid-19. “Sebab penggunaan APD yang tepat guna bisa mencegah transmisi virus corona penyebab penularan Covid-19,” ujar Bambang dalam konferensi pers di Graha BNPB, Kamis (9/4/2020). Bambang menuturkan, kebutuhan APD saat ini sangat tinggi, sementara ketersediaannya di lapangan sangat terbatas. Baca juga: Polri Imbau Pelaku Usaha APD Patuhi Undang-undang atau Terancam Pidana Menurut Bambang, APD tidak hanya digunakan oleh para dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya, tetapi juga pasien dan masyarakat. “Sehingga kami harap semuanya bisa membantu tetap terjaganya ketersediaan APD selama masa pandemi,”  Adapun jenis APD antara lain masker N95, masker bedah, masker kain, pelindung wajah, pelindung mata, celemek (apron), sarung tangan, pelindung kepala dan sepatu pelindung. Baca juga: Kemenkes: RS Perlu Patuhi 4 Pedoman Pemilihan APD untuk Tenaga Kesehatan Penggunaan APD yang tepat mampu bertindak sebagai penghalang virus, bakteri dan bahan infeksi lain untuk bertransmisi dan menyebabkan penularan penyakit tertentu. Selain itu, APD sebagai penghalang memiliki potensi untuk memblokir penularan kontaminan seperti darah, cairan tubuh atau sekresi pernafasan dari pasien positif Covid-19. Sebelumnya, Bambang mengungkapkan ada prinsip-prinsip lain yang harus dipatuhi sebelum memilih APD untuk melindungi tenaga kesehatan. Baca juga: DPR Desak Kemenkes Segera Penuhi Kebutuhan APD dan Alat Tes PCR Covid-19 “Pertama, harus dapat memberikan perindungan terhadap bahaya spesifik atau bahaya yang dihadapi seperti percikan (kontaminan), kontak langsung maupun kontak tidak langsung,” ungkapnya. Kedua, APD hendaknya terbuat dari bahan seringan mungkin dan nyaman digunakan. Tujuannya, supaya dapat digunakan secara fleksibel dan tidak menimbulkan bahaya tanbahan bagi petugas kesehatan. “Ketiga, tidak mudah rusak dan memenuhi aturan standar yang ada. Terakhir, pemeliharaannya mudah, ” tutur Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kebutuhan Sangat Tinggi, Kemenkes Berharap Ketersediaan APD Tetap Terjaga Selama Pandemi Covid-19”, https://nasional.kompas.com/read/2020/04/09/12440791/kebutuhan-sangat-tinggi-kemenkes-berharap-ketersediaan-apd-tetap-terjaga.
Penulis : Dian Erika Nugraheny

MENDESAK: SEGERA PENUHI KEBUTUHAN APD

Koalisi Masyarakat Sipil “Indonesia Bergerak” menyatakan belasungkawa terdalam atas meninggalnya sejumlah dokter dan perawat yang bertugas melayani pasien Covid19. Sebuah kehilangan yang sungguh besar bagi bangsa kita yang sedang berjuang melawan Covid19.

Salah satu penyebab kejadian tragis ini adalah kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis di garis depan di berbagai rumah sakit. Kelangkaan alat pelindung diri ini lebih disebabkan oleh lonjakan drastis kebutuhan APD yang terjadi karena tenaga medis bekerja serentak melayani ribuan pasien. Pemerintah gagal mengantisipasi ledakan kebutuhan ini.

Situasi kelangkaan APD ini jelas membahayakan keselamatan tenaga medis kita. Apabila tidak segera diatasi, kondisi ini berisiko membuat jebolnya pertahanan bangsa Indonesia terhadap COVID-19.

Atas kondisi kelangkaan APD ini, Indonesia Bergerak mendesak pemerintah agar:

  1. Pengadaan dan Produksi Darurat: Pemerintah segera mengadakan APD dari berbagai sumber, baik impor maupun menggerakkan produksi APD dengan melibatkan perusahaan tekstil di berbagai daerah, termasuk UMKM, dengan standar teknis dan sesuai persyaratan WHO.
    Pemerintah perlu melibatkan pihak swasta, ahli tekstil, ahli kesehatan, organisasi kesehatan yang relevan untuk mendorong terwujudnya pengadaan dan produksi APD yang sangat urgen ini;
  2. Distribusi yang efektif: Pemerintah segera mendistribusikan APD ke semua rumah sakit yang terlibat dalam respon terhadap Covid19, sekaligus melarang penjualan APD dengan harga yang tidak wajar;
  3. Stamina Tenaga Medis: Pemerintah memfasilitasi dan mengatur rumah sakit dan program respon COVID-19 untuk mengatur lebih baik jadwal tenaga kesehatan guna memastikan ketersediaan waktu istirahat dan pemulihan tenaga;
  4. Perlindungan dari Penularan: Pemerintah memastikan semua rumah sakit dan program respon COVID-19 menerapkan protokol untuk secara lebih ketat melindungi tenaga medis dari penularan;
  5. Insentif Bagi Tenaga Medis: tenaga medis perlu mendapatkan insentif dan apresiasi sebagai pasukan yang bekerja di garda depan melawan Covid19;
  6. Pendampingan Sosial: Pemerintah menggerakkan korps pekerja sosial guna menjadi mitra sejawat bagi para tenaga medis dalam mengelola tingkat stress dan menguatkan strategi koping dan pemeliharaan diri yang memadai.

Mendukung jaga jarak fisik, demi memutus rantai penularan, dan merekatkan solidaritas.


Editor : Diamanty Meiliana

Higienis Kit

KEBUTUHAN ALAT PELINDUNG DIRI

Higenis Kit Peralatan Higenis Portable HI KIT

Sebuah Produk Perlengkapan Kebersihan Portable Higenis Kit untuk Protokol New Normal Adaptasi Kebiasaan Baru Covid 19 Corona PSBB di Indonesia dalam satu paket pouch yang dapat dikemas dengan Logo dan Merk Perusahaan Instansi Institusi Lembaga Satuan ULP Sekolah dengan Isi Kemasan Hand Sanitizer cair atau gel, Masker Wajah 3 ply, Sarung Tangan Karet, Tissu Alkohol dalam satu kemasan praktis sebagai perlengkapan New Normal Adaptasi Kebiasaan Baru Indonesia.

Berikut adalah Daftar Produk dalam kemasan Higienis Kit :

Masker :

Masker 3 Ply Layer Filter Density

Nomor Ijin KEMENKES AKD 21603310134

Glove Sarung Tangan :

Nomor Ijin KEMENKES RI AKL 10903714629

Hand Sanitizer :

Nomor Ijin KEMENKES RI PKD 20501910687

Hand Sanitizer Logo dan Merk Instansi

Kami melayani pembuatan Kemasan Hand Sanitizer dalam ukuran 20ml, 50ml,100 ml, 500ml, 1000ml, 5000ml dengan model dan logo sesuai kebutuhan anda baik Instansi Pemerintah, Swasta, Kementerian, dan Lembaga.

Kami Siap Melayani Anda

Masker Logo dan Merk Instansi

Kami melayani pembuatan Masker baik Kain, 3ply, dan bahan lainnya dengan model dan logo sesuai kebutuhan anda baik Instansi Pemerintah, Swasta, Kementerian, dan Lembaga.

Kami Siap Melayani Anda

Sarung Tangan Logo dan Merk Instansi

Kami melayani pembuatan Sarung Tangan Karet, Plastik, dan bahan lainnya dengan model dan logo sesuai kebutuhan anda baik Instansi Pemerintah, Swasta, Kementerian, dan Lembaga.

Kami Siap Melayani Anda

Higienis Kit Higenis Logo Pemerintah dan Swasta About Tentang Hygienis Kit Peralatan Higienis CV Aerotechnica

Menyediakan Masker kebutuhan Proyek dan Pengadaan Barang dan Jasa dengan Administrasi Lengkap sesuai LPSE

Kami adalah perusahaan Barang dan Jasa yang melayani penjualan produk produk berkualitas dan berstandar Nasional. Kami melayani program pemerintah New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru dan Kami siap melayani pemesanan Higenis Kit sesuai dengan kebutuhan anda dan kami menjamin produk kami sesuai dengan standar kemasan dan kesehatan.

Pengadaan Barang dan Jasa Masker Alat Kesehatan dan Perlengkapan Kesehatan

Pengadaan Barang dan Jasa Alat Kesehatan dan Perlengkapan Kesehatan.

Kami CV AEROTECHNICA siap mendukung program pemerintah Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal dengan menyediakan peralatan dan perlengkapan untuk kebutuhan Hand Sanitizer sesuai dengan kebutuhan masing masing instansi/lembaga pemerintah/Kementerian/ULP/Satuan Kerja/Swasta/BUMN dan Swasta Lainnya.

Seluruh Produk Kami akan diproduksi dengan kecepatan produksi rata rata termasuk desain Logo Instansi Pemerintah

Pengadaan Barang dan Jasa melalui proses Penunjukan Langsung SPK, Lelang LPSE LKPP, dan Pengadaan Non LPSE

Perusahaan kami siap memenuhi kebutuhan anda dan seluruh administrasi perusahaan kami sesuai dengan standar LPSE Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Corporate Higenis Kit Peralatan New Normal Adaptasi Gugus Tugas Covid

Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dan Swasta meliputi :

  1. Peralatan Higenis Kit New Normal Adaptasi Kebiasaan Baru
  2. Peralatan Umum kebutuhan Pandemi Covid19 dan Barang Pendukung
  3. Produk dan Jasa pendamppingan Konsultasi Pengadaan Barang dan Jasa
  4. Barang dan Jasa Lainnya

KEBUTUHAN ALAT PELINDUNG DIRI